Cara Membuat dan Menjual NFT di OpenSea 2022

anakpelajar.com – Produk Non-Fungible Blockchain (NFT) akhir-akhir ini ramai diperbincangkan oleh publik. Kisah viral NFT berawal dari seorang pemuda bernama Ghozali yang meraup untung dengan mengunggah selfie-nya di salah satu marketplace NFT OpenSea.

Setelah itu banyak orang yang ingin mencoba peruntungan dengan mencoba NFT. Pengguna dapat membuat produk NFT berupa lukisan digital, video, musik, teks, dan berbagai produk lainnya dalam bentuk digital. Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal perlu dipahami strategi pembuatan dan penjualannya.

Berikut langkah-langkah cara membuat dan menjual NFT yang diadaptasi dari Domus:

Cara Membuat dan Menjual NFT

1. Identifikasi Elemen Aset Digital

Pastikan terlebih dahulu bahwa anda telah membuat karya seni yang akan dijual. Bisnis atau barang yang bisa dibuat di NFT dilansir The Verge, bisa berupa GIF, koleksi, dokumen digital, tiket acara, musik, video, invoice, dan produk digital lainnya.

2. Siapkan Ethereum (Wallet atau Koin ETH)

Eter adalah token atau mata uang yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan NFT. NFT dapat dibuat di banyak rantai blok yang berbeda. Cara paling sederhana adalah dengan menggunakan Ethereum (NFT paling populer dan paling didukung).

Karena membuat NFT membutuhkan biaya, dompet Ethereum dengan beberapa Ether (cryptocurrency berbasis Ethereum) di atasnya diperlukan. Anda bisa menggunakan sebuah platform yang  bernama “MetaMask”. Itu dapat diunduh secara gratis di iPhone atau smartphone Android.

Harga yang diminta untuk item NFT sangat fluktuatif. Memiliki setidaknya $100 dari Ether. Perhatikan bahwa proses manufaktur bisa lebih mahal, berdasarkan biaya operasional harian Anda. Namun, saat membuat NFT di OpenSea, prosesnya gratis karena jenis token dihasilkan oleh platform.

source : coinvestasi

3. Pilih Market

Pada titik ini, penting untuk mengidentifikasi pasar yang anda ciptakan dan kemudian membuat daftar NFT anda. Beberapa yang paling populer termasuk Mintable, Rarible, atau OpenSea. Untuk contoh ini, saya memilih OpenSea. Untuk melakukan ini, pada ikon pengguna, klik “Profil Saya”.

  Cara Menjual NFT Tanpa Gas Fee 2022

Di halaman ini, anda dapat memilih metode menautkan dompet ETH Anda. Jika Anda menggunakan MetaMask, cukup pilih menu “Gunakan Dompet yang Berbeda”, lalu tekan WalletConnet. Selanjutnya, ikuti instruksi platform, dan jangan lupa untuk mengonfirmasi layanan Wallet Connect dari aplikasi MetaMask yang diunduh.

4. Buat NFT

Setelah anda menghubungkan dompet ETH anda ke OpenSea, anda kemudian dapat membuat NFT pertama anda. Untuk melakukannya, klik Buat di menu atas, dan buat grup. Lengkapi semua informasi yang diperlukan, lalu simpan. Klik Item baru, unggah karya seni anda, dan ketik deskripsi yang anda inginkan. Setelah itu, klik “Buat”.

Dengan ini, token anda telah dibuat. Untuk menjualnya di OpenSea, anda perlu membuka item yang baru dibuat di koleksi anda dan menjualnya. Di menu penjualan, anda bisa menjadikan token Ethereum yang akan anda terima sebagai alat pembayaran.

5. Pengambilan Untung

Jika anda membuat token, mendaftarkannya dan menjualnya di pasar OpenSea, anda hanya perlu menunggu seseorang menemukan token anda dan membelinya. Peluncuran antara aset atau token dapat dijual secara peer-to-peer tanpa tautan platform apa pun. Selain itu aset NFT yang dibeli nantinya akan dapat dijual kembali. Dengan cara ini pencipta asli akan mendapatkan royalti.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA