Cara Menabung di Bank Mandiri Syariah

anakpelajar.com – Tabungan bank syariah Indonesia (BSI) memiliki beberapa anak cabang. Salah satunya adalah bank mandiri syariah. Banyak keuntungan yang bisa Anda raih dengan cara menabung di bank mandiri syariah.

Bank mandiri syariah sendiri memiliki banyak jenis tabungan yang bisa Anda pilih. Sesuaikan dengan keperluan dan kebutuhan Anda untuk menabung. Tujuannya agar mempermudah Anda menyimpan uang di bank.

Sebelum itu, Anda harus mengetahui jenis-jenis tabungan bank mandiri syariah terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari memilih jenis tabungan yang tidak sesuai. Namun, pada dasarnya menabung bukanlah hal yang salah. Hanya saja kebutuhan untuk menabung akan sedikit berbeda jika salah memilih jenis tabungan.

Jenis-Jenis Tabungan Bank Mandiri Syariah

Pada dasarnya, bank mandiri syariah memiliki empat jenis tabungan. Untuk cara menabung di bank mandiri syariah tidak terlalu berbeda antara jenis tabungan satu dengan lainnya. Namun, ada beberapa syarat dan ketentuan yang berbeda. Seperti contoh jenis tabungan mabrur yang dikhususkan untuk jamaah haji dimana uang yang Anda tabung tidak dapat dicairkan.

Berbeda dengan jenis tabungan BSM, Anda bisa mengaambil atau menarik uang kapan saja dan dimana saja. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan kartu ATM yang berfungsi untuk menarik uang tunai. Di bawah adalah informasi mengenai jenis tabungan bank mandiri syariah yang bisa Anda baca.

1. Tabunganku

Jenis tabungan yang pertama adalah TabunganKu. Perlu Anda ketahui bahwa jenis tabugan ini bertujuan agar masyarakat Indonesia memiliki kesadaran untuk menabung. Selain itu, jenis TabunganKu ini juga tersedia di beberapa bank lainnya termasuk bank mandiri syariah. Untuk mendapatkan jenis tabungan ini, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa persyaratan seperti identitas diri.

Selanjutnya, Anda akan mengisi berkas formulir pengajuan pembukaan rekening. Jika sudah melalukan pengisian data dan melengkapi persyaratan, Anda bisa memulai cara menabung di bank mandiri syariah.

2. Tabungan Mabrur

Tabungan mabrur di bank mandiri syariah ini khusus untuk masyrakat muslim yang ingin menunaikan haji. Jenis tabungan ini memiliki beberapa keunggulan dari pada dengam biro haji pada umumnya.

Pertama, uang Anda kan terjamin aman karena tersimpan di dalam bank. Kedua, Anda juga bisa menggunakan SISKOHAT KEMENAG yang nantinya akan terkoneksi secara online. Dan yang terakhir, Anda juga akan mendapatkan kemudahan tentang porsi haji. Hanya dengan melengkapi beberapa persyaratan dan jumlah tabungan, Anda bisa berangkat ke tanah suci dan menunaikan ibadah haji.

3. Tabungan Berencana

Jika Anda sudah memiiliki pendapatan tetap, tabungan berencana adalah pilihan yang sesuai. Pasalnya, cara menabung di bank mandiri syariah jenis tabungan berencana akan mempermudah Anda meraih impian.

Uang Anda tiap bulannya akan dipotong secara otomatis dan masuk dalam rekening tabungan berencana. Dengan kata lain, Anda tidak perlu lagi pergi ke bank untuk menabung dan otomatis akan memiliki tabungan.

  Cara Menabung di Bank Mandiri Lewat Teller

Jenis tabungan berencana ini juga memiliki minimal jumlah setoran dan jumlah target tabungan. Seperti contohnya, minimum nomimal yang harus ada dalam rekening adalah Rp. 100,000 dengan minimal target 1 tahun.

Untuk jenis jumlah setoran dan target bisa Anda diskusikan sesuai dengan kebutuhan menabung. Anda bisa melakukan cara menabung di bank mandiri syariah dengan mudah.

Tabungan Bank Syariah Mandiri (BSM)

BSM adalah jenis tabungan yang umumnya digunakan oleh masyarakat. Anda bisa menggunakan tabungan BSM untuk meyalurkan zakat, infaq, maupun sodaqoh. Selain itu, uang Anda juga akan terjaga keamanannya. Anda juga bisa menggunakan fitur e-banking BSM dan bertransaksi di seluruh cabang BSM.

Cara Membuka Rekening Bank Mandiri Syariah

Setelah mengetahui beberapa jenis tabungan bank mandiri syariah, Anda harus membuka rekening terlebih dahulu. Pasalnya, jika tidak memiliki rekening di bank mandiri syariah, Anda tidak bisa menabung.

Tak hanya itu, Anda juga tidak bisa melakukan jenis transaksi lainnya. Syarat buka rekening mandiri syariah juga tidak rumit dan mudah. Berikut adalah penjelasan dua cara membuka rekening bank mandiri syariah.

1. Offline

Untuk mendapatkan rekening bank mandiri syariah, Anda bisa langsung mendatangi bank mandiri syariah terdekat. Selain itu, Anda harus membawa identitas diri seperti KTP, SIM, atau Paspor. Kemudian, Anda akan mengisi formulir untuk pengajuan pembuakaan rekening. Jika sudah selesai, Anda hanya perlu menyetorkan minimal uang di dalam rekening dan akan mendapatkan kartu ATM.

2. Online

Nah, untuk buka rekening mandiri syariah online, Anda hanya perlu menyiapkan smartphone. Install aplikasi Mandiri Syariah Mobile dan buka menu rekening mandiri syariah. Pilih jenis rekening dan unggah dokumen beserta data diri. Kemudian Anda akan mendapatkan video call dari pihak bank untuk verifikasi rekening. Selanjutnya, Anda hanya perlu melakukan setoran awal untuk melanjutkan transaksi lainnya.

Dua Cara Menabung di Bank Mandiri Syariah

Cara menabung di bank mandiri syariah bisa Anda lakukan dengan menggunakan dua cara. Yakni secara dengan menyetor uang ke teller di bank atau menggunakan mesin ATM saja.

1. Teller

Kunjungi bank mandiri syariah terdekat dan ambil nomor antrian untuk menabung. Selanjutnya, isi formulir jumlah nominal tabungan dan setorkan pada teller dengan membawa buku rekening dan identitas diri.

2. ATM

Carilah ATM Mandiri setor tunai. Kemudian masukan kartu ATM dan pilih menu setor tunai. Masukan jumlah uang yang akan Anda setorkan dan tunggu mesin ATM menghitung uang anda. Jika sudah selesai, pilih menu ‘setor’ dan Anda sudah bisa melakukan cara menabung di bank mandiri syariah dengan mudah.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA