Cara Mengambil Uang Tabungan di Kantor Pos

anakpelajar.com – Siapa sangka mengambil uang bisa menggunakan pos? Pengambilan uang tidak hanya bisa dilakukan di mesin ATM loh. Melalui Kantor Pos Anda bisa melakukan pengiriman dan pengambilan uang tunai. Fasilitas ini sebagai sarana bagi masyarakat yang tidak memiliki akses perbankan. Oleh karena itu, bisa mengambil uang melalui sana, lalu bagaimana cara mengambil uang tabungan di Kantor Pos?

Nah, salah satu cara yang cukup simple ialah dengan mengirimkan langsung berupa uang tunai kemudian mengirimkannya melalui pos. Transfer tunai ini dilakukan dengan menggunakan metode pengiriman Weselpos. Kantor Pos pun menerima pencairan uang yang nantinya untuk dikirimkan.

Cara Mengambil Uang Tabungan di Kantor Pos

Melalui Kantor Pos Anda bisa melakukan pengambilan uang yang telah dikirimkan. Kantor Pos memberikan layanan ini untuk membantu orang-orang yang tidak memiliki tabungan atau terdaftar bank, tetapi masih bisa melakukan transaksi. Yuk, langsung saja simak cara mengambil uang tabungan di Kantor Pos.

1. Memenuhi Syarat-syarat Transaksi

Supaya transkasi bisa berjalan dengan lancar, ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa mengambil uang melalui Kantor Pos. Syaratnya pun terbulang mudah untuk bisa melakukan transfer ataupun pengambilan uang di Kantor Pos. Anda harus menyiapkan:

  • Kartu Tanda Penduduk atau KTP
  • Nomor NTP dari pengirim
  • PIN dari pengirim

Beberapa persyaratan tersebut sangat berpengaruh terhadap keberhasilan Anda mengambil uang melalui Kantor Pos. Apabila tidak ada salah satunya, maka akan berdampak dengan transaksi gagal atau tidak bisa melakukan transaksi.  Sebab cara mengambil uang tabungan di kantor pos memerlukan beberapa poin syarat di atas.

2. Melakukan Pengambilan Uang

Setelah berhasil memenuhi segala persyaratan yang ada. Pastikan apa yang Anda butuhkan sudah tersedia, sehingga akan memudahkan transaksi nantinya. Lalu, berikutnya Anda bisa mengambil uang di Kantor Pos dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Kunjungi Kantor Pos terdekat. Usahakan Anda berada di kantor cabang, bukan gerai-gerai kecil agar kemanan lebih terjaga. Jangan lupa segera ambil uang Anda karena ada batas waktu pengambilan uang di kantor pos.
  2. Setelah sampai, tunjukkan nomor NTP dan PIN kepada petugas pos. Dapatkan kedua hal ini dari pengirim uang sebelum pergi ke kantor pos sebagai akses transasi. Apabila Anda tidak memilikinya Anda tidak bisa melakukan transaksi apapun.
  3. Selanjutnya, petugas akan meminta kartu identitas untuk memastikan kecocokan data. Hal ini digunakan untuk menghindari hal-hal yang tidak-tidak.
  4. Kemudian petugas akan mengambilkan uang sesuai dengan jumlah transfer pengirim.
  5. Terakhir, terima uang dan hitung kembali uang Anda untuk menghindari kesalahan perhitungan.

Selama pengaplikasian cara mengambil uang tabungan di kantor pos ini pun Anda tidak akan dikenakan biaya apapun, sebab biaya admin telah ditanggung oleh pengirim. Tetapi, berbeda lagi jika memang pengirim tidak mengirimkan admin, maka penerima uang harus membayar biaya administrasi.

Cara Transfer Uang Melalui Kantor Pos

Mengirimkan uang melalui weselpos menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengirimkan uang melalui kantor pos. Anda bisa melakukan berbagai transaksi di rekening bank manapun melalui weselpos. Untuk bisa melakukan transaksi ini, cara mengambil uang lewat wesel pos tidak jauh berbeda dengan cara kirim uang melaui western union. Hanya saja syarat, metode, serta biaya administrasi pengirimannya sedikit ada perbedaan.

  Keuntungan dan Biaya Administrasi Bank BTPN Jenius

Bagi Anda yang berminat untuk mengirimkan uang kesanak saudara namun tidak memiliki buku tabungan, Anda bisa mengirimkannya melalui Kantor Pos. Cara ini menjadi solusi paling tepat untuk pengiriman uang yang aman. Nah, berikut ini cara-cara melakukan transfer.

1. Penuhi Persyaratan Transfer

Persyaratan ini adalah hal penting yang harus Anda penuhi. Tanpa ini Anda tidak bisa melakukan transaksi sama sekali. Syaratnya pun tidak membutuhkan banyak dokumen penting, yang mana pastinya juga meringankan Anda.

Berikut syaratnya yakni KTP, nomor HP aktif baik pengirim dan penerima, dan uang tunai. Jangan lupa menyediakan uang untuk kebutuhan administrasi atau Anda bisa membebankannya pada penerima.

2. Ikuti Langkah-langkah Transfer

Apabila syarat-syarat sudah terpenuhi maka Anda bisa datang ke Kantor Pos terdekat untuk melakukan transaksi berupa transfer tunai. Cara mengambil uang tabungan di kantor pos pun sangatlah mudah seperti halnya Anda sedang  setor tunai di bank. Hanya saja bedanya di sini Anda tidak menggunakan tabungan. Nah, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda jalani.

  1. Datanglah ke Kantor Pos terdekat untuk melakukan transaksi. Pastikan Anda sudah membawa kelengkapan syarat tersebut, mulai dari KTP, nomor HP aktif, dan juga uang tunai.
  2. Apabila banyak antrean, maka ambillah nomor antrean terlebih dahulu dan tunggu giliran Anda.
  3. Sampaikan pada petugas mengenai keperluan Anda, yakni untuk melakukan transfer tunai. Beritahukan nominalnya ke petugas dan kasihkan uangnya agar petugas bisa menghitungnya kembali.
  4. Selanjutnya, petugas akan mengarahkan Anda untuk mengisi formulir pengiriman uang di Kantor Pos.
  5. Setelah selesai, petugas menyuruh Anda untuk membuat nomor PIN 4-6 digit. Lalu, Anda tinggal membayar biaya administrasi.
  6. Terakhir, Anda akan diberi resi weselpos yang berisi kode NTP dan PIN untuk pengambilan uang oleh penerima.

Nah, setelah semua tahapan transaksi selesai dan Anda sudah selesai, kirimkan resi weselpos kepada penerima Anda. Penerima bisa langsung pergi ke kantor pos untuk mengambil uang yang telah di berikan tadi. Cukup mudah sekali bukan? Prosesnya pun cepat, bagi yang tidak memiliki rekening tidak perlu khawatir karena ada weselpos.

Demikian cara mengambil uang tabungan di Kantor Pos, kini Anda bisa memanfaatkan layanan ini tanpa harus membuka rekening. Memang biaya yang diperlukan lebih mahal dari pada menggunakan metode transfer dan cukup membuat was-was karena menggunakan jasa pengiriman. Namun, Kantor Pos sudah mendapat kepercayaan dari dulu dalam transaksi Wesel pos.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA